DETAIL INFORMASI
SEJARAH DAN VISI MISI FISIP UPNVY :: dipost pada 02 April 2015

SEJARAH

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Yogyakarta didirikan pada tahun 1993 berdasarkan Keputusan Menhankam RI No: Kep/01/II/1993 tentang Organisasi dan Tata Kerja  UPN “Veteran”.

Bardasarkan hasil rapat pimpinan pada tanggal 17 Maret 1994 yang dihadiri oleh Rektor, para Pembantu Rektor dan para Dekan UPN “Veteran” Yogyakarta diputuskan bahwa hari jadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Yogyakarta adalah 6 September 1993.  Pada saat itu, FISIP baru memiliki satu Program Studi (Prodi) yaitu prodi Ilmu Hubungan Internasional.

Pada tahun akademik 1995/1996, melihat kondisi yang berkembang dan peluang yang ada, maka disepakati untuk membuka dua prodi baru yaitu Prodi Ilmu Administrasi Niaga (yang kemudian menjadi Administrasi Bisnis) dan prodi komunikasi jurnalistik (yang saat ini menjadi prodi Ilmu Komunikasi). Kedua Prodi ini didirikan berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan kebudayaan  RI  dan  Menteri  Pertahanan  dan   Keamanan RI,  No. 0307/0/1994 dan Kep/10/XI/1994,  tanggal 29  November  1994  tentang Keterkaitan dan Kesepadanan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Kegiatan akademik dari kedua jurusan tersebut dimulai pada tanggal 26 Agustus 1995 dan dianggap sebagai hari jadi kedua prodi tersebut.

Saat ini, Prodi Ilmu Hubungan Internasional  terakreditasi B sedangkan Prodi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Bisnis ”Terakreditasi A” dari Badan Akreditasi Nasional (BAN).   

                                

VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM PENDIDIKAN  

Visi

Menjadi Fakultas berkualitas dalam penyelenggaraan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing di era global dengan dilandasi nilai-nilai bela negara dan kebhinekaan.

 

Misi

  1. Mengembangkan proses pembelajaran melalui penguatan kurikulum yang berorientasi hard skills dan soft skills dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompetitif di era global dengan dilandasi nilai-nilai bela Negara dan kebhinekaan
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dalam mendukung kualitas proses pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat melalui optimalisasi laboratorium
  3. Mengembangkan tata kelola fakultas dengan prinisp-prinsip good faculty governance untuk mendukung proses pembelajaran yang akuntabel serta penjaminan mutu yang berkualitas
  4. Memperluas kerjasama eksternal untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

      Program Pendidikan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Yogyakarta  memiliki tiga prodi, yakni Prodi Ilmu Hubungan Internasional, Prodi Ilmu Administrasi Bisnis dan Prodi Ilmu Komunikasi menyelenggarakan program pendidikan Sarjana (Strata-1) dalam bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Tugas yang diemban oleh fakultas ini adalah menyiapkan dan menghasilkan sarjana berpendidikan tinggi yang mampu memelihara dan mengembangkan ilmu sosial dan ilmu politik. 

Gelar yang diperoleh para lulusan (alumnus) FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta adalah “SIP” atau “Sarjana Ilmu Politik” untuk Prodi Ilmu Hubungan Internasional, “S.AB” atau “Sarjana Administrasi Bisnis” untuk Prodi Administrasi Bisnis dan “S.I.Kom” atau “Sarjana Ilmu Komunikasil“ untuk Prodi Ilmu Komunikasi.


iklan gratis pasang iklan gratis iklan gratis indonesia
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
xevil