DETAIL INFORMASI
FISIP UPN ‚ÄúVeteran‚ÄĚ Yogyakarta Kembali Hadirkan Pengenalan Kampus Secara Tatap Muka :: dipost pada 26 Agustus 2022

Sleman, Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (PKKBN FISIP) 2022 dilaksanakan tatap muka secara penuh di Kampus II UPN “Veteran” Yogyakarta pada hari Senin, 15 Agustus 2022. Acara ini diikuti oleh 749 mahasiswa baru dari empat Program Studi antara lain Administrasi Bisnis, Hubungan Internasional, Hubungan Masyarakat dan Ilmu Komunikasi.

 

Kegiatan PKKBN FISIP dimulai dari pukul 07.30 hingga pukul 16.00 WIB. Diawali dengan apel dan Senam Maumere, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara dan sambutan-sambutan. Acara inti diisi dengan materi tentang layanan administrasi kampus dan materi self-improvement.  Tak lupa juga dimeriahkan dengan pentas seni, pengenalan organisasi kampus dan sesi penghargaan. 

 

Sama dengan kegiatan pengenalan kampus pada umumnya, kegiatan ini bertujuan mengenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Hal yang membuatnya berbeda adalah penanaman dan penguatan bela negara.

 

Agus Salim selaku Ketua PKKBN FISIP 2022 dari panitia dosen mengungkapkan bahwa nilai bela negara merupakan ciri khas dari kampus UPN. “Esensi bela negara itu adalah semangat pantang menyerah dan tidak menjadi generasi yang cemen/penakut, sehingga saat menghadapi masalah tidak patah semangat dan fokus pada tujuan yang ingin dicapai”, jelasnya.

 

Ia juga mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan PKKBN FISIP dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan diri. Acara ini sekaligus memfasilitasi mahasiswa untuk belajar soft skill diluar kelas.

 

“Orang sukses tidak hanya didukung oleh IP 4 yang didapat di kelas. Tapi sebenarnya ada banyak hal di luar kelas yang jauh lebih banyak yang dapat diakses melalui organisasi dan pertemanan apalagi in ikan Indonesia mini di UPN dari berbagai daerah ada jadi mereka juga bisa mempelajari budaya baru,” imbuhnya.

 

Tahun ini, PKKBN FISIP mengusung tema Diopthrology (Digitalizing Our Perspective Through Technology) dan menjadikan Marvel Cinematic Universe sebagai tematik acaranya. Pemilihan tema ini sempat viral di salah satu sosial media karena dianggap menarik dan dekat dengan kegemaran anak muda jzaman sekarang.

 

‘’Kita ambil Marvel karena terinspirasi dari tokoh-tokohnya yang menggunakan bantuan digital untuk menyelamatkan bumi,” ungkap Ekita Samudra Tuahta selaku Ketua PKKBN FISIP 2022 dari panitia mahasiswa.

 

Tema ini mengadopsi nilai kolaborasi antara manusia dan teknologi serial film tersebut. Melalui karakter cerita, tokoh-tokoh marvel memanfaatkan bantuan teknologi dan digital untuk menyelamatkan bumi dan menjadikannya transisi dari dunia yang sebelumnya untuk dunia yang lebih baik. Harapannya mahasiswa baru dapat memiliki tekad yang kuat layaknya superhero sehingga dapat menghasilkan kolaborasi bersama dengan teknologi dalam aksi nyata.

Mengingat pelaksanaan kegiatan PKKBN yang ada di masa pasca-pandemi, panitia melakukan persiapan khusus terkait dengan kesehatan selama acara.

“Saat maba datang ada dua skrining kesehatan, pertama menggunakan thermogun kedua scan barcode Peduli Lindungi. Kita juga menyiapkan masker dan hand sanitizer sekaligus posko medis yang berisi obat-obatan untuk mahasiswa baru dan bekerjasama dengan UKM KSR. Intinya untuk urusan kesehatan kita persiapkan dengan baik,” paparnya.

Sebelum acara berlangsung mahasiswa baru juga diimbau untuk sudah melaksanakan vaksin di daerah asal masing-masing. Bagi mahasiswa diatas usia 18 tahun  wajib sudah melaksanakan vaksin hingga tahap booster sedangkan bagi yang masih dibawah 18 tahun hanya melaksanakan vaksin I atau II saja cukup. Bagi yang belum sempat vaksin booster maka harus melakukan swab antigen.

Mahasiswa baru memberikan respon yang antusias antusias karena kegiatan PKKBN dilaksanakan dengan menyenangkan dan informatif tanpa adanya perpeloncoan fisik maupun verbal. “Seru, pematerinya bagus, materinya cocok banget sama anak muda”, ungkap Dhea Arda Kia selaku salah satu peserta.

Oleh: Dias Nurul Fajriani – Mahasiswi FISIP UPNVY


iklan gratis pasang iklan gratis iklan gratis indonesia
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
xevil