DETAIL INFORMASI
FISIP UPNVY Persiapkan Skema MBKM Permata Mandiri ‚ÄúPermadi‚ÄĚ :: dipost pada 21 Februari 2021

YOGYAKARTA - Merespons mulai diimplementasikannya Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi khususnya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), FISIP UPNVY berkomitmen terlibat aktif untuk melaksanakannya. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan melakukan inisiasi kerja sama pertukaran pelajar dengan mitra yaitu UPN “Veteran” Jakarta, UPN “Veteran” Jawa Timur, dan Universitas Pasundan.

Proses inisiasi kerja sama ini dimulai sejak November 2020 melalui rapat daring bersama yang selanjutnya berhasil merumuskan kesepakatan jangka pendek dan jangka panjang dalam bidang akademik. Menindaklanjuti kesepakatan tersebut selanjutnya dimulai proses pendaftaran program pada 1-5 Februari 2021. Program ini dibuka bagi mahasiswa aktif FISIP UPNVY yang memasuki semester 4 dan 6.

Mekanisme pelaksanaan program pertukaran mahasiswa tersebut mensyaratkan mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing sebelum mendaftar mata kuliah di salah satu dari tiga perguruan tinggi tersebut. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah sebanyak 20 SKS dengan skema kuliah di lingkup prodi sendiri dan salah satu prodi di tiga universitas tersebut.

Dari proses pembukaan pendaftaran tersebut setidaknya terdapat 56 mahasiswa yang akan mengikuti program MBKM Permata Mandiri (Permadi). Setidaknya terdapat 15 mahasiswa memilih mengikuti kelas di UPN “Veteran” Jakarta dan 41 mahasiswa memilih UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai lokasi program pertukaraan pelajar pada semester genap 2020/2021.

Adapun asal prodi mahasiswa yang mengikuti Permadi semester ini yaitu Ilmu Komunikasi 17 mahasiswa, Administrasi Bisnis 17 mahasiswa, Hubungan Internasional 12 mahasiswa, dan Humas 10 mahasiswa. Mengingat situasi pandemi, proses pertukaran pelajar tersebut akan dijalankan secara daring. “Kami harap program pertama ini dapat berjalan sukses,” ujar Wakil Dekan I FISIP UPNVY, Hastho Joko Nur U.

Info lebih lanjut mengenai program MBKM Kemendikbud dapat diperoleh melalui tautan berikut https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/


iklan gratis pasang iklan gratis iklan gratis indonesia
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
xevil