DETAIL INFORMASI
WEBINAR IR TALKS: “THE LIFE OF DIPLOMAT AND THE RELATIONS OF INDONESIA – MEXICO AMID PANDEMIC” :: dipost pada 26 Agustus 2020

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, UPN “Veteran” Yogyakarta mengadakan Webinar dengan tema The Life of Diplomat and The Relations of Indonesia-Mexico Amid Pandemic pada 22 Agustus 2020 via Zoom Cloud Meeting. Webinar ini menghadirkan pembicara Duta Besar LBBP RI untuk Mexico City, Negara Meksiko Serikat Merangkap Republik Guatemala, Republik El Savador dan Belize, H. E. Mr. Cheppy Triprakoso Wartono dan Bapak Hikmatul Akbar, S.IP., M.Si selaku Dosen Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta yang dipandu oleh Moderator, Desy Nur Aini Fajri, S,IP., M.A. Seluruh Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (BPH HIMAHI) turut dilibatkan dari proses persiapan hingga pelaksanaan sehingga webinar ini berjalan dengan baik. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang mayoritas berasal dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, organisasi, SMA di beberapa kota di Indonesia dan instansi pemerintah baik Kementerian maupun Pemerintah Daerah. Tema tersebut penting untuk diangkat mengingat semakin banyak tantangan yang harus dihadapi di tengah pandemi termasuk pula bagi para diplomat di luar negeri dalam kasus ini di Mexico City.

Dalam paparannya, Bapak Duta Besar Cheppy menjelaskan bagaimana Hubungan Indonesia – Meksiko di tengah pandemi. Beliau menjelaskan bahwa Meksiko saat ini menjadi negara dengan tingkat kematian paling tinggi ketiga di dunia, namun KBRI di Mexico City masih terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan juga melakukan koordinasi dengan Konsul Kehormatan untuk memantau keadaan WNI yang berada di wilayah Meksiko dan negara rangkapan lainnya dengan memberikan bantuan berupa sembako dan alat kesehatan. Dengan memanfaatkan media virtual KBRI tetap melaksanakan kegiatan diplomasi, bilateral maupun multilateral, berbagai kegiatan yang dilakukan antara lain membuka kursus Bahasa Indonesia dengan peminat yang meningkat saat masa pandemi ini, rutin mengadakan mengadakan webinar dengan berbagai topik diantaranya Webinar Promosi Tari dan Musik Kontemporer Indonesia, Webinar “Exploring The Economic Potentials Between Indonesia and Mexico”, dan berbagai kegiatan untuk menjalankan fungsi diplomatik dan politik. Dalam situasi ini, KBRI juga membantu proses pemulangan WNI yang terdampar di Meksiko. Dari sisi Ekonomi dan Investasi, KBRI terus mengusahakan membuka peluang-peluang kerjasama ekonomi antara Indonesia dengan Meksiko.

Sementara,  Bapak Hikmatul Akbar memaparkan bagaimana Hubungan Indonesia – Meksiko dari kacamata akademisi. Sebenarnya Indonesia – Meksiko memiliki banyak persamaan dari segi luas negaranya, jumlah penduduk, GDP, dan beberapa hal lainnya. Kedua negara ini juga sama – sama memfokuskan perkembangan UMKM ditengah masa pandemi ini. Banyaknya kesamaan ini merupakan hal yang baik karena dapat membuka potensi ekspansi hubungan antara kedua negara. Banyaknya perubahan secara global pada masa ini dapat dimanfaatkan Indonesia dan Meksiko untuk makin mendekatkan diri. Peningkatan kerja sama bilateral ini dapat dilakukan mengingat terdapat perkembangan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Meksiko pada 2019 lalu. Potensi ekspansi ini menemui beberapa hambatan diantaranya adalah letak geografis Indonesia – Meksiko yang cukup jauh, nilai tukar, juga promosi serta kerjasama dan kelembagaan. Namun, hal itu dapat diatasi dengan beberapa strategi seperti strategi luar negeri dengan peningkatan peran politik luar negeri, diplomasi dan perwakilan luar negeri, strategi pola kerjasama dengan fokus pengembangan kerjasama dan perdagangan yang lebih variatif, dan strategi forum dengan peningkatan promosi, dan memperkuat kerjasama dalam forum internasional.

Webinar ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta dan diakhiri dengan sesi foto bersama. Peserta sangat antusias memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada kedua narasumber tersebut. Webinar ini bermanfaat tidak hanya menambah wawasan dan mendapatkan informasi tentang hubungan Indonesia-Meksiko di tengah pandemi tetapi juga memberikan insight bagi para mahasiswa, akademisi, praktisi maupun masyarakat.

Ditulis oleh: Desy Nur Aini Fajri, S,IP., M.A


iklan gratis pasang iklan gratis iklan gratis indonesia
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
xevil